Punya Mata Panda? Atasi dengan 5 Tips Ini!

Ada lingkaran hitam di bawah kelopak mata anda? Yup, itulah mata panda. Meskipun bukan kelainan yang serius, mata panda tetap mengganggu penampilan. Bayangkan betapa ribetnya kalau mata panda tak kunjung hilang. Anda bisa saja menutupinya dengan concealer atau memakai kacamata, tapi area mata tetap terasa suntuk dan tidak segar kan?

Tak perlu khawatir, mata panda bisa dihilangkan dengan mudah! Namun sebelum melangkah ke penanganan, simak dulu yang satu ini.

Penyebab Mata Panda

Mata panda atau lingkaran di bawah mata bisa terjadi karena berbagai sebab. Entah itu gangguan tidur, pola makan, atau kebiasaan lain. Pada dasarnya, mata panda disebabkan oleh membesarnya pembuluh darah di area mata. Atau, bisa juga karena penumpukan cairan pada daerah tersebut.

Sebagian orang salah mengira bahwa mata panda muncul karena kurang tidur. Padahal, hal-hal berikut juga bisa mempengaruhi, lho.

  •         Kurang atau terlalu banyak cairan pada tubuh
  •         Kurangnya sel darah merah (anemia)
  •         Stres dan depresi
  •         Pola makan kurang baik dan terlalu banyak kafein
  •         Faktor keturunan
  •         Kerusakan pembuluh darah
  •         Alergi.

Solusi untuk Mata Panda

1. Kompres mata dengan bahan alami

Salah satu cara praktis untuk mengurangi mata panda adalah kompres. Anda bisa pakai bahan alami seperti air dingin, potongan timun, dan daun atau kantung teh yang sudah dipakai. Supaya hasilnya maksimal, dinginkan timun dan kantung teh sebelum dipakai. Selain membuat mata lebih rileks, suhu dingin dapat mengurangi pelebaran pembuluh darah di bawah mata. Alternatif lain, gunakan sendok alumunium yang sudah didinginkan untuk menutup daerah mata.

2. Tidur dengan waktu cukup dan kendalikan stres

Berapa lama anda berhadapan dengan gadget setiap hari? Saatnya memejamkan mata sejenak agar otot mata tidak kaku. Terlalu lama menatap layar juga membuat mata panda semakin jelas, lho. Oleh karena itu, atur jam kerja dan istirahat untuk menghindari stres. Tidur malamlah yang cukup dengan waktu 7-8 jam untuk orang dewasa aktif. Selain itu, letakkan gadget jauh dari tempat tidur agar anda tak tergoda untuk memakainya lagi.

3. Konsumsi garam secukupnya tiap hari

Terlalu banyak garam juga dapat menghitamkan area mata. Faktanya, garam dapat menyerap banyak cairan dalam tubuh. Jika terlalu banyak kadarnya, cairan dalam tubuh tidak akan seimbang sehingga menumpuk pada suatu area. Salah satunya adalah area bawah mata. Jadi, batasi konsumsi garam per hari sesuai kebutuhan tubuh. Paling tidak satu sendok teh per hari tanpa catatan hipertensi.

Selain mengurangi garam, tambahkan asupan kalium seperti pisang, sayuran hijau, dan kacang. Kalium dapat menstabilkan cairan berlebih dalam tubuh.

4. Jangan lupa minum air!

Jika tubuh bisa kelebihan cairan, kekurangan cairan pun sama mungkinnya. Entah terlalu banyak aktifitas berat, lama terpapar sinar matahari, dan kurangnya minum tiap hari. Air putih dapat mencegah dehidrasi dan membuat tubuh lebih segar. Tapi, perhatikan jenis minumannya ya. Hindari kafein seperti soda, kopi, dan teh yang justru memacu energi anda, terutama jika mengonsumsinya pada waktu istirahat atau sebelum tidur.

5. Pakai krim yang aman

Krim mata juga bisa jadi solusi untuk menghilangkan mata panda. Gunakan kandungan retinol, vitamin C, dan E untuk mencerahkan bawah mata sekaligus mengencangkan kulit.

Jika lima tips di atas kurang berhasil, segera hubungi dokter terpercaya untuk pemeriksaan lebih lanjut. Kemungkinan, mata panda bisa disebabkan oleh alergi atau kelainan lain. Segera tanggap sebelum terlambat, ya!

Foto: nutritiousndelicious.com

Post Author: kamang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *