Hati-Hati, Bintik Putih Di Permukaan Kuku Juga Butuh Perhatian!

Ada mitos yang sering kita dengar tentang tanda putih di permukaan kuku. Konon katanya, kalau ada di kuku tangan kiri berarti ada yang membenci, sedangkan di kanan berarti ada yang rindu. Entah darimana asalnya, tanda putih ternyata tak ada hubungannya dengan mitos tersebut. Secara medis, tanda ini merupakan kelainan kuku yang kerap terjadi.

Tanda putih di permukaan kuku cukup beragam. Ada yang terlihat seperti garis, tapi ada juga berupa bulatan atau bercak kecil. Secara garis besar, tanda putih ini disebut leukonikia. Penyebab munculnya bisa karena reaksi trauma, infeksi jamur, alergi, atau kurangnya zat yang dibutuhkan tubuh. Umumnya, leukonikia lebih sering muncul di permukaan kuku tangan daripada kaki.

Tak perlu khawatir jika leukonikia hanya berupa bintik putih di 1-2 jari tangan. Leukonikia punctata terjadi karena trauma ringan yang disebabkan tangan membentur sesuatu. Seiring berjalannya waktu dan tumbuhnya kuku, leukonikia punctata akan lekas hilang dari permukaan kuku jari.

Namun lain hal jika bintiknya banyak, ya. Banyaknya bintik putih ini bisa disebabkan oleh alergi atau infeksi jamur. Lain hal jika munculnya hampir di semua permukaan kuku tangan, bintik putih ini disebut leukonikia totalis. Kemungkinan besar tubuh anda minim zat albumin. Zat ini merupakan zat protein yang terdapat dalam darah manusia. Albumin diproduksi oleh hati dan berfungsi sebagai pengontrol osmosis supaya cairan yang terkandung dalam darah tidak masuk ke jaringan tubuh. Jika kebutuhan albumin dalam tubuh menipis, maka anda perlu mengecek kondisi hati dan ginjal.

Kalau yang terlihat berupa garis melintang, maka bintik putih ini disebut leukonikia striata. Kenamapakan garis putih ini biasanya melintang secara vertikal dari satu pangkal ke pangkal yang lain. Penyebabnya bisa karena kurangnya nutrisi yang dibutuhkan dalam tubuh. Anda bisa obati dengan mengonsumsi serat dan vitamin yang penting bagi tubuh. Namun, hati-hati jika jumlah garisnya cukup banyak. Karena tubuh mungkin sedang mengalami keracunan yang dapat mempengaruhi sistem kerja hati, ginjal, dan jantung.

Selain bintik dan garis, ada bagian putih di permukaan kuku yang berbentuk setengah lingkaran atau bulan sabit. Bagian ini disebut lunula dan memang tidak berbahaya. Tapi ternyata, lunula dapat menunjukkan kesehatan organ tubuh anda, lho. Lunula merupakan akar kuku yang penting dalam proses pertumbuhan kuku. Bagian putih ini paling mudah terlihat di ibu jari.

Meskipun tidak berbahaya, perhatikan keberadaan lunula pada jari anda. Jika tak terlihat lunula sama sekali, kemungkinan anda perlu menambah asupan vitamin dan nutrisi tertentu. Oleh karena itu, konsumsi serat dan mineral lebih banyak. Lunula yang tidak muncul di jari lain selain ibu jari, bisa saja anda sedang mengalami masalah pencernaan terkait usus dan pankreas.

Hati-hati jika lunula membentuk lancip karena lunula piramidal ini bisa terjadi karena manicure yang berlebihan. Terlebih lagi jika lunula berubah menjadi merah atau biru, anda perlu mengecek gula darah serta sistem peredaran darah anda. Lunula biru bermakna diabates melitus, sedangkan lunula merah dipengaruhi sistem peredaran darah yang terganggu, penyakit jantung, dan penyakit kolagen.

Seringkali kita mengabaikan permukaan kuku tangan dan kaki, bahkan hingga bertahun-tahun tanpa melakukan pengecekan. Sebab, mungkin kita sering mengira bahwa kuku tak punya penyakit tertentu. Setelah mengetahui fakta di atas, yuk mulai perhatian dengan kuku kita. Penting untuk atur pola makan dan jaga kesehatan supaya kuku jari juga terlihat bersih.

Post Author: kamang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *