5 Tips Lawan Stress di Commuter Line Saat Jam Sibuk

Sebagian besar masyarakat mulai aktif berkendara umum untuk transportasi. Terkhusus kaum pekerja yang tinggal di lingkar luar Jakarta (Bogor, Depok, Bekasi, dan Tangerang), KRL commuter line pasti sangat diandalkan. Tarif murah jadi satu alasan kuat meskipun pada kenyataannya, dua kendaraan ini mengangkut ribuan orang yang akhirnya harus berdesakan satu sama lain.

Jangankan datang tepat waktu, kita juga harus memaklumi kelakuan sesama penumpang. Apalagi jika anda pergi di jam-jam sibuk, hal kecil seperti kesenggol pun bisa membuat stres. Nah daripada stres di kantor dan kendaraan umum menumpuk, coba akali dengan tips berikut!

1. Pastikan bawa headset dan powerbank

Sebagian besar penumpang pasti mengandalkan smartphone untuk melepas jenuh. Mulai dari nonton film, mendengarkan musik, main game, chatting, hingga baca berita, semuanya bisa dilakukan dengan satu perangkat. Berhubung perjalanan dengan kereta berlangsung lama, pastikan anda membawa perangkat smartphone seperti headset dan powerbank. Headset dapat memaksimalkan audio smartphone tanpa menganggu penumpang lain, sedangkan powerbank penting untuk menjaga baterai smartphone agar tahan lama.

2. Persiapkan air minum

Jam-jam sibuk tentunya sesak sekali, ya. Karena banyaknya manusia dalam satu gerbong, dehidrasi juga mungkin terjadi meskipun commuter line dilengkapi pendingin. Oleh karena itu, selalu sediakan air minum dalam tas untuk diminum setelah sampai tujuan. Pilihlah air mineral yang pastinya lebih sehat dari minuman manis. Selain mengembalikan cairan dalam tubuh, air mineral juga mampu meredakan stres dan penatnya pikiran, lho.

3. Gunakan pakaian yang nyaman dan aman

Commuter line adalah kendaraan umum yang digunakan berbagai lapisan masyarakat. Demi keamanan, sebaiknya gunakan pakaian yang sopan dan cocok untuk kendaraan umum, misalnya hindari baju yang terlalu terbuka dan bawahan yang terlalu pendek atau terlalu panjang. Selain faktor aman, gunakanlah pakaian yang membuat anda nyaman seperti kaos katun, kemeja yang bahannya tidak panas, dan sepatu kets. Oh ya, jika AC kereta terlalu dingin, anda juga bisa bawa jaket atau sweater agar tidak masuk angin ya!

4. Jika dapat bangku, sempatkan untuk tidur

Bangku di kereta sering jadi incaran penumpang. Bisa dibilang, bangku adalah “surga dunia” bagi pekerja yang harus menempuh perjalanan jauh. Jika mendapat kesempatan duduk, sempatkan untuk istirahat atau tidur daripada bermain smartphone. Ingat, mata juga perlu istirahat, terutama bagi anda yang seharian bekerja di depan komputer. Kalau tak bisa tidur, ambil posisi duduk yang rileks. Namun jangan lupa, tetap hormati penumpang yang diprioritaskan untuk duduk, ya.

5. Ubah rutinitas transportasi anda

Ada kalanya anda merasa bosan naik kereta dengan rute yang sama. Tenang saja, hal ini wajar bila anda harus bekerja lima hari dalam seminggu dengan pola yang sama pula. Nah, rasa bosan karena hal ini juga bisa bikin stres, lho. Coba ubah rutinitas anda dalam bertransportasi. Misalnya setiap hari anda naik kereta, lalu di stasiun naik ojek online. Anda bisa ubah dengan mencari bis yang searah kantor lalu cari alternatif kendaraan lain seperti angkot. Tentunya hal ini butuh riset dan perhitungan matang agar anda tidak kesasar dan boros, ya. Namun di balik itu, anda bisa mengenal jalan baru dan menikmati pemandangan baru.

Foto: Shutterstock

Post Author: kamang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *